Ternyata Orang Utan Jago Memancing Ikan !

Kamis, 21 April 2011


AdiNews - Penelitian di tiga pulau di Indonesia menunjukkan bahwa orangutan mampu memancing ikan dengan alat yang sederhana.

Menurut laporan Anne Russon dari York University di Toronto, orangutan di Kalimantan menangkap ikan untuk disantap. Selama dua tahun penelitian, Russon melihat beberapa orangutan menggunakan tongkat untuk menikam. Beberapa ikan yang panik akan meloncat keluar dari air dan ditangkap orangutan.



Biasanya, orangutan memancing ikan sendiri. Tapi beberapa kali, Russon mendapati sepasang orangutan memancing bersama. Salah satu orangutan mengambil ikan sementara orangutan lainnya menyaksikan. "Orangutan yang menyaksikan mungkin sedang mempelajari cara menangkap ikan," Russon berspekulasi.

Russon juga mengatakan bahwa orangutan memakan ikan untuk mendapatkan nutrisi penting. "Ikan mengandung lemak yang penting untuk pertumbuhan otak," jelasnya.

Kebiasaan memancing oleh orangutan ini memunculkan kemungkinan hominid makan daging, termasuk ikan, sebelum munculnya genus Homo sekitar 2,5 juta tahun yang lalu. Demikian menurut antropolog David Braun dari University of Cape Town di Afrika Selatan. Saat ini, para antropolog mengasumsikan bahwa pemakan daging pertama adalah spesies awal Homo.

Russon mengawasi tingkah laku orangutan di Kalimantan mulai 2004 sampai 2006. Menurut mereka, primata tidak terlalu sering memancing ikan. Simpanse juga beberapa kali mengambil ikan. Beberapa spesies babon juga diketahui menangkap ikan dengan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar