Perlawanan Rakyat Ternate Terhadap Portugis

Selasa, 22 November 2011 - AneMonz!


Portugis ingin memaksakan monopoli perdagangan kepada rakyat Ternate. Tentu saja hal itu ditentang oleh rakyat Ternate. Perlawanan terhadap kekuasaan Portugis di Ternate berkobar pada tahun 1533. Untuk menghadapi Portugis, sultan Ternate menyerukan agar rakyat dari Irian sampai ke Pulau Jawa bersatu melawan Potugis. Maka berkobarlah perlawanan umum di Maluku terhadap Portugis. Rakyat Maluku bangkit melawan Portugis. Kerajaan Ternate dan Tidore bersatu. Akibatnya Portugis terdesak. Karena merasa posisinya terdesak, Portugis mendatangkan pasukan bantuan dari Malaka, di bawah
pimpinan Antonio Galvao. Pasukan bantuan tersebut menyerbu beberapa wilayah Kerajaan Ternate. Rakyat Maluku di bawah pimpinan Kerajaan Ternate berjuang penuh semangat, mempertahankan kemerdekaannya. Tetapi waktu itu Ternate belum berhasil mengusir Portugis. Untuk sementara Portugis dapat menguasai Maluku.

Pada tahun 1565, rakyat Ternate bangkit kembali melawan Portugis, di bawah pimpinan Sultan Hairun. Portugis hampir terdesak, tetapi kemudian melakukan tindakan licik. Sultan Hairun diajak berunding. Untuk itu Sultan Hairun diundang agar datang ke benteng Portugis. Dengan jiwa kesatria dan tanpa perasaan curiga, Sultan Hairun memenuhi undangan Portugis. Tetapi apa yang terjadi? Setiba di benteng Portugis, Sultan Hairun dibunuh. Peristiwa itu membangkitkan kemarahan rakyat Maluku. Perlawanan umum berkobar lagi di bawah pimpinan Sultan Baabullah, pengganti Sultan Hairun. Pada tahun 1574, benteng Portugis dapat direbut oleh rakyat Ternate. Dengan demikian, rakyat Ternate berhasil mempertahankan kemerdekaannya dari penjajahan Portugis.


3 komentar:

  1. stupidest thing ever -_- jelek lagi fontnya. norak banget

    BalasHapus
  2. itu kenapa dikata-katain stupidest thing ever? bukannya isinya pelajaran ya?

    BalasHapus
  3. tiap gw baca artikel pasti ada nama kalian, sama nama tapi ada yg pro sama kontra

    BalasHapus